Peranserta Babinsa Ranupakis Dalam Mediasi Permasalahan di Wilayah Binaan

 


Lumajang, Pendim 0821 - Sertu Tohari Babinsa Desa Ranupakis Koramil 0821/05 Klakah Kodim 0821 Lumajang, bersinergi dengan Bhabinkamtibmas dan pemerintahan desa setempat, mendampingi mediasi permasalahan antara petani kelapa dengan salah satu pabrik, di Balai Desa Rabupakis, kemarin.


Dipastikan, tahapan mediasi berlangsung tertib aman dan mengedepankan asas musyawarah mufakat antara kedua belah pihak ( warga petani kelapa dengan pihak pabrik -red ).


Disampaikan oleh Sertu Tohari, sebelumnya terjadi persoalan. Dipicu oleh para petani kelapa di Desa Ranupakis yang merasa rugi. Pohon kelapanya banyak yang mati dan masyarakat menduga, pembuangan limbah pabrik penggilingan triplek.


Saat itu, warga menuntut agar pabrik penggilingan triplek ditutup, atau pemindahan lokasi pabrik di luar dari desa Ranupakis.


Pesan Babinsa, masyarakat diminta agar bermusyawarah dengan menepikan ego masing - masing, mengedepankan sisi pemikiran jangka panjang ke depan.


"Kami dampingi masyarakat untuk bermusyawarah. Mencari solusi terbaik dan dengan kepala dingin, mencegah terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan,"  ungkap Sertu Tohari.


Sudah wajib bagi dirinya, imbuh Sertu Tohari untuk selalu hadir di tengah - tengah persoalan yang terjadi di masyarakat. "Harapan kami, permasalahan bisa menghasilkan kata mufakat. Jangan sampai malah merusak kerukunan dan kekompakan yang selama ini sudah membaik," imbuhnya.


"Tentu akan kami dampingi, dalam menengahi persoalan ini, kami bersinergi dengan anggota polsek Klakah dan melibatkan pemerintahan desa, sebagai pihak yang memfasilitasi ruang mediasi," pungkasnya. (Pendim 0821).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama