Tanah Grogot - Peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menyajikan kisah unik dan insipiratif.



Selain masyarakat nya yang penuh antusias, Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus merupakan bukti nyata bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar untuk meraih kemerdekaannya dari penjajahan di masa lampau.



Untuk itu, Dalam menyambut 17 Agustus beberapa saat lagi, Warga RT 16 Desa Jone, salah satu contohnya warga Gang Samarinda memliki cara yang tidak kalah unik dalam merepresentasikan semangat juangnya.



Puluhan masyarakat RT 16 yang terkumpul menggalakkan " aksi gotong royong merdeka", dengan melakukan pembersihan lingkungan masyarakat serta pemasangan seribu bendera merdeka, pada Selasa, (15/8/2023).



Imam salah satu warga yang terlibat langsung dalam kegiatan ini menuturkan pihaknya sengaja menginisiasi kegiatan ini dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI.



" namanya hari kemerdekaan kan tidak tiap hari, paling tidak kita sebagai warga ikut serta dalam memeriahkan HUT kemerdekaan kan Bagus," terangnya, 



Ia juga menerangkan kegiatan dilaksanakan atas dasar kebersamaan dan kekeluargaan, meski dengan keterbatasan tapi tetap dapat menunjukkan Rasa nasionalisme.



" kan kemaren juga ada arahan Pak RT untuk masang umbul - umbul, jadi kita semua yang ada disini urunan (patungan) seikhlasnya, karena kan tidak ada dananya, tapi Alhamdulillah semua bisa terlaksana karena kompak warganya," lanjut nya.



Sementara itu, Kepala Desa Jone Rawi, mengucapkan terimakasih dan menanggapi dengan positif atas antusiasme masyarakat atas "aksi gotong royong merdeka"  dan menggalakkan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.



" saya sangat senang mendengar nya dan berterimakasih kepada masyarakat yang antusias, ini memang instruksi langsung dari bapak bupati untuk memeriahkan hari kemerdekaan, untuk itu saya gerakan para RT dan seluruh masyarakat, khususnya Warga jone mari kita semarakkan hari bersejarah ini," pungkasnya.