Polresta Jayapura Kota-, Lanjutan Operasi Keselamatan Cartenz 2022 hari ini, Satuan Lalu Lintas Polresta Jayapura Kota melaksanakan himbauan dan edukasi untuk tertib berlalu lintas di pertigaan Ring Road Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (18/02).


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polresta Jayapura Kota Kompol Pillomina Ida Waymramra, S.E., S.I.K didampingi  Wakasat Lantas Polresta Jayapura Kota AKP Kasrun bersama 20 Personelnya.


Kasat Lantas mengatakan tujuan Operasi ini adalah untuk menyadarkan masyarakat terhadap tata tertib berlalu lintas dijalan raya, menurunkan angka fatalitas korban laka lantas, serta sosialisasi dan edukasi kepada pengendara dengan harapan terciptanya perubahan pola pikir dan perilaku untuk tertib berlalu lintas.


"Pelaksanaan kegiatan hari ini kami memprioritaskan pengandara yang melanggar tata tertib lalu lintas, dan tindakan yang kami ambil yaitu kami langsung menegur dan menghimbau pengendara yang melanggar," ucap Kasat.


Kasat juga mengatakan tolak ukur tingkat kesadaran masyarakat untuk taat saat berkendara adalah banyaknya pengendara yang melanggar dan lalai akan keselamatannya sebagai pengguna jalan raya.


Contohnya masih kami dapati pengendara yang tidak memakai helm, berboncengan lebih dari satu, hingga pengendara yang masih dibawah umur. "Tentunya ini menjadi perhatian kami yang bertugas dilapangan agar semakin sering atau lebih intens untuk mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan keselamatannya sendiri dan keselamatan pengguna jalan yang lain, serta menanamkan dalam diri untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tutup Kompol Ida.(*)


Penulis Pratama