Polresta Jayapura Kota-, Polsek Jayapura Selatan menggelar kegiatan Para-para Numbay bersama para pelaku usaha cafe dan resto disepanjang Pantai Holtekamp bertempat di Aula Mapolsek Jayapura Selatan, Kamis (09/03) Pagi.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Owner, Cheef, Administrator dan General Manager dari beberapa Cafe dan Resto di Pinggiran Pantai Holtekamp.


Kapolsek Jayapura Selatan AKP Julkifli Sinaga, S.I.K., M.H dalam sambutannya mengatakan, Jika dilihat dari teritorial wilayah Jembatan Merah dan seterusnya itu Secara Administrasi Pemerintah Masuk di Distrik Abepura, namun untuk wilayah Kerja Kami untuk  Tindakan Pertama Kejadian Perkara (TPTKP) Masih Pada Tanggung jawab Kami Polsek Jayapura Selatan.


"Maka dari itu saya akan menyampaikan beberapa hal guna berasama-sama kita menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif," ujar Kapolsek.


Lebih lanjut Kapolsek mengatakan, untuk penyelenggaraan Event, pihaknya menghimbau agar tidak langsung menyelenggarakan, untuk Event / Kegiatan acara yang tidak jelas dalam arti waktu pelaksanaan hingga waktu subuh agar sebisa mungkin Ditolak. karena Potensi adanya Gangguan Kamtibmas seperti Terjadinya Pencurian Sepeda Motor, Keributan maupun Kecelakaan, Kejadian tersebut yang pernah kami Atasi di Cafe Aulia Beach. "Harapan kami apabila ada event yang diselenggarakan pada tempat bapak-Ibu Sebisa Mungkin ada Surat Ijin Keramaian dan disampaikan kepada Kami," ucapnya.


"Terkait Event yang Mendatangkan Artis harus Dibuat Surat Ijin Keramainnya, dan minimal Komunikasi kepada Kami, sehingga dari segi Keamanan Lancar, maupun Segi bisnis itu juga dapat Berjalan Dengan Tertib," ucap Kapolsek.


"Masukan dari kami untuk memudahkan Sharing informasi kita bikin grup Pada Aplikasi WhatsApp, dan terkait dengan Pelaksanaan patroli sebisa mungkin Malam Minggu paling tidak Ada pakaian dinas Yang Singgah nongkrong ke tempat kami agar pengunjung merasa Nyaman, dan juga sering ada Oknum Pengunjung yang tidak mau Pulang pada waktu Close," ucap salah satu pemilik usaha Cafe dan Resto.


Menanggapi saran dan masukan dari para pelaku usaha, Kapolsek menyampaikan Nanti Kami akan Buat Grup WhatsApp, Supaya kami bisa lebih cepat Responnya apabila ada TKP, dalam Grup WhatsApp nanti di kasih masuk orang-orang terkait seperti Pihak Ondoafi, sebagai Jaring Komunikasi, terkait Patroli kami sebenarnya cukup Kewalahan karena  Jumlah Anggota yang terbatas tapi kami upayakan dengan membuat regu patroli Khusus, nanti kami akan buat jadwal Piket Patroli Khusus Malam Minggu, yang Patrolinya menggunakan Sepeda Motor.


"Kami akan meningkatkan Patroli pada malam Minggu di Sekitaran Jembatan Merah hingga ke jalan Holtekam, dan pada hari biasa akan dilakukan Patroli pada siang hari. Nanti kami akan arahkan Anggota yg melakukan patroli untuk singgah untuk Nongkrong sebentar pada tempat milik bapak-Ibu," imbuh Kapolsek.


Kapolsek juga menambahkan, Kemudian menyangkut tamu yang buat keributan, dilakukan terlebih dahulu oleh pihak Pengelola Usaha untuk menegurnya secara halus, namun apabila tindakannya sudah Kelewatan batas, bisa langsung hubungi kami, kami akan share Call Center kami sekaligus Nomor Pribadi saya. Nomor kontak yang kami bagikan itu On Call 24 Jam. Harapan kedepan kita bisa Komunikasi khusus, agar keamanan Terjamin, sehingga Para Pelaku Usaha maupun Pengunjung rasa nyaman dan aman melakukan aktivitas.(*)


Penulis : Edgard