Polresta Jayapura Kota - Bertempat di Aula Mako Polresta Jayapura Kota Jl. A. Yani Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura telah dilaksanakan Penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU) Antara Kapolresta Jayapura Kota dengan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Umel Mandiri Dalam Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.


Penandatanganan MOU dilakukan oleh Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd bersama Ketua STIH Umel Mandiri Dr. Fitriyah Lagratubun, S.H., M.H, dan dihadiri para Perwira dan Bintara Jajaran Polresta Jayapura Kota Serta Para Dosen STIH Umel Mandiri.


Dalam sambutannya Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd mengatakan yang intinya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Umel Mandiri atas inisiatif dan kerjasama untuk membangun komunikasi sehingga pagi hari ini kita bisa berkumpul di sini dengan satu kesatuan pemikiran dan tujuan untuk membangun kerjasama terutama tujuan bagi Polresta Jayapura kota yang mana adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia Polri yang saat ini sudah sangat perlu untuk setiap anggota Polri.


"Menurut kami sesuai dengan amanah dari pada program prioritas Bapak Kapolri yaitu salah satunya peningkatan SDM Polri, untuk itu diharapkan kedepannya setiap anggota kita paling tidak mayoritas bisa memiliki gelar sarjana hukum atau Strata Satu," Ungkapnya.


Ia menuturkan, kedepan manfaatnya banyak yaitu tugas kita sudah jelas salah satunya adalah menegakkan hukum, maka itu sudah sangat sewajarnya dan sepantasnya pihaknya memiliki kompetensi yang cukup memadai untuk mendukung tugas-tugas di lapangan maupun dalam melayani masyarakat.


"Selain itu termasuk keuntungan bagi kami secara pribadi dan secara perorangan bila memiliki kompetensi dimaksud agar dapat menunjang karier dan pendukung pelaksanaan tugas," Ucapnya.


Dirinya berharap kerjasama yang dilakukan melalui MOU yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik dan lancar. "Hal-hal yang mengenai teknis pelaksanaan mungkin dapat kita atur sesegera mungkin dan harapan kami bisa disampaikan, mungkin sedikit sosialisasi mohon pencerahan nanti kepada anggota kami yang ada di Polresta maupun di Polsek jajaran, seperti apa teknisnya paling tidak mereka bisa menerima atau memperoleh gambaran bagaimana konsep perkuliahan ini kami bagi pegawai negeri khususnya di Polri dengan nanti kelasnya atau tempat kuliah maupun waktu dan jam jam kuliah," Pungkas Kapolresta.


Dirinya menambahakan, Semoga kerjasama yang dibuat mendapatkan berkah dan manfaat kedepan bagi Polresta dan juga bagi Umel Mandiri dan tentunya bagi setiap personil kami yang nantinya akan ikut mengambil bagian menjadi mahasiswa di STIH Umel Mandiri.


Ditempat yang sama Ketua STIH Umel Mandiri Dr. Fitriyah Lagratubun, S.H., M.H., menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Kapolresta karena telah memberikan kesempatan kepada pihaknya untuk menjalin kerjasama dalam bidang perguruan tinggi yang mana di perguruan tinggi itu ada tiga hal yang dapat kita ketahui bersama yaitu ada pengajaran,  penelitian dan pengabdian.


"Kami juga sangat memperhatikan terkait dengan tugas dan tanggung jawab dari pada penegak hukum sehingga kuliah tetap berjalan namun tugas dan tanggung jawab perkuliahan pun tidak boleh ditinggalkan, untuk itu nanti secara teknis lebih lanjut sistem perkuliahannya kita akan atur secara rinci kemudian untuk pandemi Covid-19 saat ini kita masih mendapat instruksi dari Kementerian bahwa perkuliahan tetap dilaksanakan secara daring atau online," Bebernya.


Tambahnya, untuk perguruan tinggi hukum yang terakreditasi STIH Umel Mandiri sendiri setara dengan institusi perguruan tinggi yang ada di tanah Papua dan akreditasinya B.


"Motto kami yaitu mendidik dengan sepenuh hati dan tidak setengah hati serta memberikan pengetahuan dengan penuh kehati-hatian karena pengetahuan itu yang akan diimplementasikan di lapangan kepada masyarakat ketika salah penyampaian maka akan berdampak pula pada penegakan hukum yang berlaku di masyarakat," Ujarnya.


Kegiatan di akhiri dengan penandatanganan MOU yang dilakukan oleh Kapolresta Jayapura Kota bersama Ketua STIH Umel Mandiri dan dilanjutkan dengan foto bersama.(*)


Penulis : Subhan