Cara Menanam Cabe Dalam Pot Dengan Pola Organik - Pola tanam organik tidak hanya digunakan pada lahan yang luas, dengan menggunakan media pot atau polybag juga menanam cabe sangat bisa dilakukan dan mendapatkan hasil yang optimal.

Sedangkan pola tanam organik, saat ini banyak digalakan, dikarenakan kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin meninggi terutama pola hidup organik. Untuk itu, potensi menanam cabe dengan pola organik akan jauh lebih berpotensi dibandingkan dengan pola tanam biasa.


Cara Menanam Cabe Organik Dalam Pot

Yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari penanaman cabe dalam polybag, sehingga akan menentukan pola tanam, diantaranya adalah jika penanaman cabe hanya sebatas konsumsi pribadi maka penanaman dibatasi jumlahnya sehingga biaya perawatan tidak membengkak. Selain itu, tidak usah melihat atau membaca pasar.

Namun jika akan melakukan budidaya cabe dalam pot atau polybag maka lakukan riset pasar terlebih dahulu, atau membaca kalender tanam yang baik sehingga akan mendapatkan nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Cara Menanam Cabe Dalam Pot atau Polybag
Berikut ini adalah panduan bagaimana cara menanam cabe dalam pot atau dalam polybag dengan menggunakan pola tanam organik, yang sebenarnya pada dasarnya sama saja seperti pola tanam konvensional. Baca: Cara Budidaya Cabai Merah

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam menanam cabe dalam pot atau polybag, diantaranya adalah:

Menentukan terlebih dahulu tujuan penanaman, seperti yang sudah dijelaskan diatas.
Menyiapkan pot atau polybag sebagai media tanam
Menyiapkan pupuk organik
Proses Pengolahan Tanah

Sebelum melakukan penanam, lakukan pengolahan tanah terlebih dahulu, siapkan tanah yang kemudian dicampur dengan pupuk kompos organik dengan merata komposisi nya adalah 1:1 yaitu perbandingan antara tanah yang akan digunakan dan pupuk kompos organik.

Masukan kedalam pot/polybag dan sisakan ruang diatas sekitar 20 persen. Kemudian diamkan selama 4-5 hari dan jangan ditanami langsung.

Selain itu, untuk menjaga sirkulasi udara dan air dalam media, sebaiknya isi dasar pot atau polybag dengan menggunakan batu apung atau kerikil. Yang jelas jangan teralu padat.

Proses Penanaman

Lakukan pemilihan benih yang baik, yang tidak cacat, tentunya berasal dari bibit organik. Lakukan penanaman dengan langsung tanpa penyemaian terlebih dahulu. beri sedikit lubang pada tanah, namun jangan terlalu dalam, kemudian masukan benih 3-5 biji dalam satu pot.

Kemudian siram menggunakan air dengan hati-hati agar, siram secukupnya, Biasanya tanaman akan mulai berkecambah pada usia 5-10 hari setelah masa tanam.

Proses Perawatan

Lakukan Pemupukan susulan dengan  menggunakan pupuk cair organik atau pupuk daun ketika tanaman berusia 15 - 20 hst. Kemudian lakukan juga penyiangan, karena meskipun dalam pot, gulma atau tumbuhan pengganggu tetap ada.

Penyiraman dilakukan sebanyak 2 kali sehari, pagi dan sore hari.


Proses Pemanenan.

Panen Cabe Organik dalam Pot biasanya dilakukan 90 - 120 hari setelah tanam, namun ini ditentukan juga oleh jenis varietas cabe yang ditanam.  (Jurnal Organik)