Karangasem, Bali -


Rabu (06/10/2021) Sat Polairud Polres Karangasem melaksanakan Kegiatan Bantuan Pencarian Dan Pertolongan (SAR) Di Perairan Timur Kab. Karangasem tepatnya Di Perairan Bunutan. Kegiatan Bantuan SAR oleh Sat Polairud Polres Karangasem yang di Pimpin Langsung Kasat Polairud Polres Karangasem AKP I Gusti Agung Bagus Suteja, S.I.P., M.H., dilaksanakan usai menerima laporan dan Koordinasi Dari Koorpos BASARNAS Karangasem terkait kejadian nelayan jatuh dari jukungnya.


Pukul 08.00 Wita, empat Personel Sat Polairud Polres Karangasem menggunakan  Armada KP XI – 2010 bertolak dari pangkalan mumbul menuju TKP giat SAR di perairan Bunutan – Abang.  Pada Pukul 09.45 Wita Personel Bantuan SAR  Sat Polairud Polres Karangasem Sudah Bergabung dengan Tim dari BASARNAS Pos Karangasem. Kasat Polairud Polres Karangasem Dikonfirmasi Saat Pelaksanaan kegiatan Bantuan SAR Menyampaikan pihaknya yang mengemban tugas pada Fungsi Polairud dan sebagai Potensi SAR Di Kabupaten Karangasem langsung menyiapkan personelnya usai menerima laporan dan Koordinasi Dengan Basarnas Pos Karangasem selaku pengendali Oprasi Pencarian dan Pertolongan. sesuai Laporan dari Bhabinkamtibmas Desa Bunutan Aipda I Nyoman Sujana Adapun Korban yang saat ini sedang dilaksanakan pencarian yakni  atas nama I Wayan Koti Arta, Umur     : 53 thn, Pekerjaan : Nelayan, Alamat  : Br Dinas Banyuning, Desa Bunutan, Kec. Abang, Kab. Karangasem. Korban Oleh anggota keluarganya a.n. I Wayan Surantika, 31 th, Kariawan Swasta, Hindu, Bali, alamat Br Dinas Banyuning, Desa Bunutan, Kecamatan Abang Kab. Karangasem di laporkan jatuh dari sampan pada saat melaut bersama anaknya dan belum ditemukan.  Kronologis kejadian Pada pukul 04.30 Wita Korban an. I Wyn Koti Arta berangkat melaut menggunakan sampan miliknya bersama Saksi ( Anaknya ) an. I Kadek Sumitra,  setelah sampai di laut lepas sekira pkl 05.30 wita saksi  an. I Ketut Sulitra melihat sampan yang dibawa korban belok arah dan saksi I Kt Sulitra mendengar I Kadek Sumitra berteriak memanggil nama korban, lalu saksi I Ketut Sulitra bertanya kepada saksi I kadek Sumitra kenapa ? Dan dibilang bahwa korban ( ayahnya ) jatuh dari sampan lalu saksi mencoba mencari disekitar namun korban tidak di temukan, kemudian saksi I Ketut Sulitra berinisiatif kembali kedarat untuk menyampaikan kepada keluarga korban yaitu pelapor an. I Wayan Surantika bahwa korban jatuh dari sampan dan belum ditemukan. Kasat Polairud juga menyampaikan pihaknya bersama potensi SAR yang ada saat ini Akan terus berupaya melakukan pencarian sesuai arahan koordinator SAR. 


Dari pelaksanaan SAR hari ini terpantau cuaca mendung dan perairan cukup landai. Pelaksanaan pencarian masih terus di upayakan oleh Segenap Potensi SAR yang bertugas saat ini, untuk perkembangan  pelaksanaan Oprasi Pencarian dan Pertolongan terhadap nelayan Bunutan, kedepan akan dilaporkan kembali.


Tangguh Abimanyu