Simalungun - Untuk membantu pemerintah dalam menangani perubahan iklim dan kerusakan alam. Maka Komando Daerah Militer I Bukit Barisan melaksanakan "Aksi Nyata Reforestasi Kawasan Danautoba".


Hal ini disampaikan Panglima Komando Daerah Militer I Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin SIP, MM, didampingi Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung saat penyerahan Bibit Aren kepada Kelompok studi dan pengembangan prakarya masyarakat di Desa Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun, Minggu (10/10/2021).


Menurut Pangdam bahwa kegiatan penanganan dan percepatan perlu segera dilaksanakan dengan regenerasi lahan secara alami, penanaman kembali, pohon asli dan sistem kehutanan agro telah diterapkan sebagai bagian upaya reforestasi.


"Aksi nyata reforestasi selain bermanfaat bagi kesehatan  juga bernilai ekonomis untuk menambah perokonomian masyarakat," sebut Pangdam.


"Semoga aksi nyata reforestasi ini dilanjutkan oleh instansi lainnya untuk turut berperan aktif dalam menjaga ekosistem kawasan Danau Toba serta mengembalikan fungsi hutan di sekitarnya," pungkasnya 


Turut hadir dalam aksi tersebut, Danrem 022/PT, Bupati Simalungun

Forkopimda Simalungun, Asintel Kasdam, Asops Kasdam, Dandim 0207/Sml, Dandim taput dan Danyonif 125.


(Pendam I/BB)