MALINAU Kalimantan Utara - Kegiatan Tentara manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 Wilayah Perbatasan Kodim 0910/Malinau yang dilaksanakan di Desa Kuala Lapang dan Tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat akan segera berakhir dalam waktu 2 hari Lagi.


Hari ini para prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD ke-112 Wilayah Perbatasan  Kodim 0910/Malinau Tahun 2021 akan kembali ke satuan mereka masing-masing, sehingga hal itu menimbulkan kesedihan tersendiri bagi warga Desa Kuala Lapang dan Tanjung Lapang.

Itu artinya, kebersamaan antara TNI dan warga sekitar lokasi TMMD pun hanya tinggal kenangan.


Bagaimana tidak, kebersamaan yang selama ini telah terjalin dengan baik, dan rumah-rumah warga yang ditinggali oleh para prajurit TNI akan mengisahkan kenangan dan menyimpan sejuta cerita bagi warga setempat.


Selama berlangsungnya kegiatan TMMD, para parajurit TNI anggota Satgas TMMD itu pun makan dan tidur di rumah warga. Para prajurit itupun menampung segala keluh kesah warga, bercanda dan tertawa bersama serta membantu segala kegiatan.

   

Salah satu warga mengaku jika dirinya dan warga Desa Kuala Lapang dan Tanjung Lapang di Kecamatan Malinau Barat merasa sudah menjadi bagian dari keluarga Satgas TMMD ke-112. Menurutnya, semakin hari warga dan TNI semakin dekat. Namun saat kedekatan benar-benar dirasakan warga,  TNI akan meninggalkan warga untuk kembali ke kesatuannya masing-masing karena tugas dan pekerjaan mereka di Desa ini sudah  selesai.


“Hari ini mereka meninggalkan kami. Banyak sekali kesan yang mereka tinggalkan sama warga disini,” ujar salah satu warga Toto


Bapak Toto pun berharap, hubungan yang telah terjalin selama ini tidak hanya sebatas adanya kegiatan TMMD saja. Akan tetapi, kapanpun TNI berkunjung ke daerah ini, warga akan siap menerima dengan senang hati. Begitu juga dengan warga, bila ke ketemu di tempat lain TNI tidak melupakannya.(Pendim 0910).