Polresta Jayapura Kota,- Secara resmi, rumah jabatan kapolresta jayapura kota diresmikan oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D.Fakhiri, S.I.K didampingi Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol. Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd bertempat di Jl. Nusa Tenggara Dok V kelurahan mandala distrik jayapura utara, Kamis (16/12) pagi.


Turut hadir Pejabat utama polda papua, Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M, Ketua Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura A. Eddy Soeprayitno S. Putra, S.H., M.H, Wakil Walikota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, M.M, Ketua LMA Port Numbay George A. Awi, Ketua PGG Se-Kota Jayapura Pdt. Dr. James Wambrauw, M.Th, Ketua MUI Kota Jayapura Muh. Sulhan Ma'mum, Danramil Japut Kapten Inf Yubelinus Simbiak dan para pejabat utama polresta jayapura kota bersama kapolsek jajaran.


Giat peresmian diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin Pdt. Mitra Holatila, S.Si., Theol.


Dalam sambutannya, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, S.H., S.IK., M.Pd melaporkan bahwa pembangunan rumah jabatan kapolresta tersebut bersumber dari Dipa RKA-KL Polresta Jayapura Kota TA.2021 dengan type 130 M2 dan menggunakan anggaran sebesar Rp.1.134.360.000,- (Satu Milyar Seratus Tiga Puluh Empat Juta Tiga Ratus Enam Puluh Ribu Rupiah) yang dikerjakan oleh CV. Skyline Muria dalam waktu pekerjaan 150 hari kalender mulai dari tanggal 12 April hingga 8 September 2021.


"Pembangunan rumah jabatan kapolresta ini merupakan bagian dari perhatian pimpinan polri serta peduli terhadap fasilitas dan kesejahteraan polri di lapangan yang pada hakekatnya diwujud nyatakan dalam fasilitas tempat tinggal, maka secara langsung juga memberikan semangat serta spirit yang baru kepada kami dalam melaksanakan tugas karena tidak perlu memikirkan tempat tinggal untuk keluarga, kapolresta tinggal melaksanakan tugas," imbuhnya.


Sebelum secara sah meresmikan, Kapolda Papua juga pada kesempatan yang sama mengatakan, dalam rangka meresmikan rumah jabatan, kapolresta atau kepolisian tidak boleh menutup pintu rumah untuk masyarakat dalam arti berikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal.


"Saya sebagai Kapolda Papua mengapresiasi kinerja kapolresta jayapura kota, dimana selama bertugas sebagai pimpinan selalu membuat perubahan dan terobosan untuk kepentingan organisasi, hal ini bisa dijadikan contoh atau teladan," ungkapnya.


Ia pun menegaskan, polri dalam hal ini polresta jayapura kota harus dapat meningkatkan kinerja dan hindari setiap perbuatan, perkataan, tindakan-tindakan dan sikap yang kontraproduktif dengan prinsip-prinsip yang prima.


Giat dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti rumah jabatan oleh kapolda papua dan pengguntingan pita oleh walikota jayapura sebagai tanda diresmikannya rumah jabatan kapolresta jayapura kota dan pemberian tali asih kepada tokoh adat dan tokoh agama yang hadir serta diakhiri dengan foto bersama serta ramah tamah.(*)


Penulis : Subhan