BLITAR - Polres Blitar Kota Selain pengamanan aksi damai Aliansi Mahasiswa Unirversitas Balitar dalam rangka Hari Korupsi Sedunia juga mengamankan unjuk rasa yang dilakukan Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) di Kantor Kejaksaan, Kamis (9/12/2021). 


Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan memimpin langsung pengamanan kegiatan unjuk rasa oleh KRPK dan menerjunkan 71 Personil dari Polres Blitar Kota.


Polres Blitar Kota mulai mengawal massa aksi sejak dari Sekretariat KRPK di Jl Mendut. Dari Sekretariat KRPK, Polres Blitar Kota mengawal peserta aksi menuju titik kumpul di TMP Raden Wijaya, Jl Sudanco Supriyadi. 


Kemudian peserta aksi menuju ke Kantor Kejaksaan Negeri Blitar. Para peserta aksi berorasi di depan Kantor Kejaksaan Negeri Blitar. 


Anggota Sat Lantas Polres Blitar Kota juga nampak melakukan pengamanan para peserta aksi dan mengatur arus lalu lintas di lokasi. Selesai di Kantor Kejaksaan Negeri Blitar, para peserta aksi melanjutkan unjuk rasa di perempatan Lovi. 


Polres Blitar Kota kembali mengawal para peserta aksi dari Kantor Kejaksaan Negeri Blitar menuju ke perempatan Lovi. 


Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan SIK MSi mengatakan proses pengamanan unjuk rasa berjalan aman dan lancar.


Kegiatan unjuk rasa juga berjalan aman dan tertib. Selesai unjuk rasa, para peserta aksi kembali ke Sekretariat KRPK di Jl Mendut. 


"Alhamdulillah Kegiatan unjuk rasa berjalan aman dan tertib," kata Kapolres. 


Dikatakannya, selain mengamankan kegiatan unjuk rasa, Polres Blitar Kota juga mengawasi penerapan protokol kesehatan terhadap para peserta aksi untuk menghindari penyebaran Covid19.


Polres Blitar Kota juga membagi-bagikan masker kepada para peserta aksi selain itu juga membagikan air mineral kepada peserta aksi. 


"Kami hadir ditengah aksi adalah memberi rasa aman dan tertibnya aksi, kami juga menghimbau Para peserta aksi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk meminimalisir penyebaran covid19 ," ujarnya. 


Usai melakukan unjuk rasa, Polres Blitar Kota bersama para peserta aksi melakukan bersih-bersih sampah di lokasi. 


Koordinator Aksi dari KRPK, Trijanto mengapresiasi pengamanan unjuk rasa yang dilakukan Polres Blitar Kota.


Menurutnya, polisi mengawal kegiatan unjuk rasa yang dilakukan KRPK mulai awal sampai akhir. 


"Kami mengucapkan terima kasih kepada Polres Blitar Kota yang telah mengawal kegiatan unjuk rasa sehingga berjalan aman dan tertib," katanya. (*)