UBUD - Bertempat di Aula Kantor Desa Singakerta seizin Kapolsek Ubud Kompol I Made Tama,, S.H. Bhabinkamtibmas Aiptu I Made Widastra menghadiri kegiatan Refreshing Kader Jumantik (juru pemantau jentik) Desa Singakerta Kecamatan Ubud. Rabu (26/01/2022)


Program ini merupakan gagasan dari Puskesmas yang dihadiri oleh Sekdes Singakerta, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD, Ketua LPM, Pendamping hal Desa, Kepala UPT Kesmas Ubud II dan Kader Jumantik se-Desa Singakerta.


Adapun tujuan dari kegiatan refreshing kader jumantik ini adalah untuk mengulang kembali pengetahuan kader yang sudah terbentuk dan melatih keterampilan konseling kader dalam menghadapi berbagai permasalahan mengenai segala hal yang berhubungan dengan jumantik, seperti pokok bahasan tentang DBD, upaya pencegahan penyakit DBD, teknik pemeriksaan jentik nyamuk di bak penampungan air, tugas seorang kader jumantik, dsb, selain itu diharapkan para kader dapat selalu menjadi lini terdepan.


Dengan adanya penyegaran kader ini diharapkan para kader dapat menambah pengetahuan dan mengimplementasikan pengetahuan tersebut ke masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sehat serta mandiri dalam meningkatkan derajat kesehatan.


Pada Kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra menyampaikan kepada hadirin bahwa cuaca saat ini tidak menentu kadang kadang panas yang sangat menyengat dan terkadang tanpa diduga juga bisa turun hujan, sehingga keaktifan seorang kader jumatik untuk mengecek sarang-sarang nyamuk sangat diharapkan. 


Disamping itu pula bahwa sampai dengan saat ini wabah pandemi covid-19 masih ada untuk itu sangat diharapkan peran serta para hadiri untuk bisa menghimbau masyarakat agar tetap patuh dan taat terhadap protokol kesehatan lebih lebih dengan varian Baru yang bernama Omicron yang penyebarannya jauh lebih pesat dari virus lainnya dan juga agar mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk segera melaksanakan Vaksin guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan covid-19