BLAHBATUH-Mengutip laman resminya, PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19


Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.


Sebagai prasyarat operasional tempat Wisata, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri didampingi Wakapolsek AKP I Made Sunarta terlihat memantau dan mencoba Barcode di Restoran D,Tukad and River Club Bali yang berlokasi di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Sabtu/8 Januari 2022.


Kapolsek  dalam keterangannya menjelaskan bahwa aplikasi Pedulilindungi sangat penting dan memberikan manfaat bagi pengguna sebagai inovasi penanganan pandemi Covid-19.


"Aplikasi ini bisa di unduh melalui playstore bagi pengguna android maupun IOS.Aplikasi ini Memberikan peringatan pada pengguna

Yaitu notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.


Dengan adanya informasi lokasi pengguna yang dibagikan saat bepergian memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar COVID-19 selama 14 hari ke belakang. 


"Jika Masyarakat yang sudah disuntik vaksin COVID-19 bisa mengunduh sertifikat vaksin lewat fitur yang ada di aplikasi ini, pungkasnya sembari menunjukkan hasil unduhan sertifikat vaksin" 


Pada aplikasi juga terdapat fitur Informasi hasil tes COVID-19  menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah dan yang tak kalah pentingnya dalam Aplikasi bisa sebagai bukti untuk mengakses layanan publik.


"Aplikasi ini sangat berguna bagi petugas di bandara, pusat perbelanjaan tempat wisata maupun sarana publik lainnya untuk mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum" tutup Kapolsek.