MALINAU Kalimantan Utara,-

Dalam rangka ikut serta melestarikan kearifan lokal asli Kalimantan, Babinsa Koramil 0910-10/Long Nawang, Kodim 0910/Malinau membantu warga membuat alat musik tradisional Dayak.


Adalah Serka Bibo Gutomo Amd.Kep Babinsa Koramil 0910-10/Long Nawang  bersama warga RT 1  Desa Long Nawang Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau yang membuat alat musik tradisional Dayak, Senin (24/01/2022).


"Kegiatan pembuatan alat musik tradisional Dayak ini dalam rangka persiapan pesta panen  dan uman jenai. Tradisi memainkan alat musik tradisional Dayak, Sampe  melodi, sampe rhytem sejenis gitar okolele, bas Lata dan tungtang (Kulintang), bahan tersebut terbuat dari kayu Jelutung yang banyak terdapat di Hutan Apau Kayan, biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian  ketika ada tamu ataupun kegiatan pesta panen. " Ungkap Serka Bibo


"Kami meneruskan dan  mengenalkan tradisi ini kepada anak-kami " kata Amay Leo, selaku ketua RT 1 & sebagai tokoh masyarakat Desa Long Nawang.


" Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Koramil 0910-10 Long Nawang dalam hal ini Babinsa yang sudah ikut aktif  berpartisipasi membantu melestarikan kearifan Lokal Kalimantan." Lanjut Amay Leo.(Pendim 0910).