Lumajang, Pendim 0821 - Tiga pilar desa diantaranya pemerintahan desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa melibatkan tim kesehatan melakukan tracing kontak erat dengan pasien Covid - 19, di kediaman salah seorang warga Desa Jarit Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Rabu (2/2/2022).


Dari lingkup kecil tiap anggota keluarga pasien, kala itu diperiksa satu persatu. Hal itu bertujuan untuk memastikan turut terpapar atau tidak, berikut pengambilan langkah selanjutnya yang tepat.


Babinsa Jarit Koramil 0821/09 Candipuro Serda Eko Dedy Fredianto mewakili Danramil menuturkan, antisipasi dini senantiasa dilakukan, menghindari dampak melebar.


Senada memangkas penyebaran, pemeriksaan kesehatan dilakukan secara seksama. "Kami menyarankan kepada yang bersangkutan, untuk melakukan isolasi mandiri selama kurun waktu yang ditentukan," kata Serda Eko.


Lebih jauh Serda Eko menambahkan, jika pasien akan dipantau perkembangannya secara berkala, hingga akhir masa isolasi mandiri. Keluarga pasien dari hasil pemeriksaan dinyatakan negatif Covid - 19.


"Turut juga kami motivasi. Dimana suport dan keyakinan diri secara tidak langsung kian menjadi pendorong kesembuhan," imbuhhya.


Bagi masyarakat secara umum, ia menyimpan untuk tetap menjaga kesehatan. Tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari - hari. "Terutama misalnya ada yang masih belum vaksin, agar segera melaksanakan segera mungkin, sebagai bentuk ketahanan tubuh. Ibarat hujanpun kita sudah pakai payung. Itu gambarannya," tutup dia. (Pendim 0821).