Lumajang, Pendim 0821 - Anggota TNI Koramil 0821/05 Klakah berkolaborasi dengan anggota Kepolisian Sektor Klakah, menggelar giat pendisiplinan masyarakat pada protokol kesehatan, Senin (4/3/2022.


Tepat di jalan raya depan kantor camat setempat, mereka menyuarakan betapa pentingnya taat pada protokol kesehatan, 5 M satu poin diantaranya memakai masker saat berkegiatan di luar rumah.


Sertu Nehar Babinsa Klakah Koramil 0821/05 Klakah berkata, masker bermanfaat sebagai penyaring. Merupakan penghalang sederhana yang bisa membantu mencegah percikan pernapasan yang berisi virus dari orang lain masuk ke dalam tubuh. 


"Studi menunjukkan bahwa manfaat penggunaan masker yang benar, yaitu yang dikenakan menutupi hidung dan mulut bisa mengurangi semburan percikan," kata Serda Nehar.


Satu persatu masyarakat yang melintas saat itu diberhentikan. Dibina tentang kiat pencegahan virus Covid - 19. Menurut Serda Nehar, TNI dan Polri akan terus bersinergi, terlebih upaya yang dilaksanakan itu, merupakan penyelamatan pada masyarakat di tengah masa pandemi yang hingga kini belum usai.


Masyarakat yang tak pakai masker, ditegur dengan humanis. Seketika itu juga, diberi masker secara cuma - cuma. "Sementara 5 M definisi secara menyeluruh yakni selain memakai masker, juga mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas dengan tidak keluar jika tidak ada kepentingan," ulas dia.


Disisi lain, juga disampaikan tentang vaksinasi hingga tahap 3 jenis vaksin Booster. Juga penting sebagai pelengkap ketahanan tubuh. 


"Dua poin ini, protokol kesehatan dan vaksinani jadi hal yang perlu digaris bawahi. Jadi masyarakat kami imbau tidak perlu ragu, ini merupakan program pemerintah tujuannya tidak ada lain untuk masyarakat itu sendiri," pungkas dia.(Pendim 0821)