Klungkung  -  Sebagai bentuk pencegahan agar wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi di wilayah Desa Tojan Kecamatan Klungkung tidak terjangkit, Bhabinkamtibmas Desa Tojan Polsek Klungkung bersinergi dengan Petugas Keswan Dan Pertanian Kabupaten Klungkung drh. Putu Yunika Cahyani  mendatangi kelompok ternak sapi Simantri 123 Sari Mekar Abadi Desa Tojan guna memberikan suntikan vaksinasi kepada hewan ternak.


Disampaikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Tojan, “Vaksinasi Hewan ini sebanyak 26 ekor Sapi dengan rincian 22 ekor sapi betina, 2 ekor sapi jantan dan 2 ekor anak sapi, dan semuanya sapi yang di berikan keadaan sehat. 


Bhabinkamtibmas Desa Tojan Polsek Klungkung Aiptu I Ketut Narta menyampaikan kepada para pengelola kelompok peternakan sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan orangnya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan agar hewan ternaknya terhindar dari PMK. ujarnya. 


Dengan adanya Vaksinasi hewan ternak tersebut diharapkan mampu meningkatkan imun pada hewan sehingga hewan ternak yang ada bisa kebal dari serangan penyakit PMK, " lanjut Aiptu I Ketut Narta Saat Mendampingi Petugas Keswan dan Pertanian Kabupaten Klungkung. ***