Tabanan,   Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran PMK dan menjelang Hari Raya Qorban  Polsek Tabanan - Polres Tabanan menurunkan personilnya ke tempat pemotongan hewan yang ada di wilayah Kecamatan Tabanan,Minggu 3/7/22.


Kapolsek Tabanan turun langsung bersama anggota melakukan pengecekkan di tempat pemotongan hewan.


Seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., Kapolsek Tabanan Kompol I Made Pramasetia , S.H., S.I.K., M.H., mengatakan bahwa "Kegiatan pengawasan terhadap Rumah Potong Hewan (RPH) yang dilakukan oleh personil Polsek Tabanan adalah merupakan bagian dari antisipasi terhadap penyebaran Penyakit Mulut dan  Kuku (PMK)

yang terjadi pada hewan/ternak sapi. 


" Seperti kita ketahui bersama melalui media bahwa di luar Bali telah terjadi penyakit ini menyerang ternak sapi. Untuk itu kami dari Polsek Tabanan melakukan langkah langkah pencegahan dengan melakukan pengecekan terhadap hewan/ternak yang akan dipotong, jangan sampai ada dari luar." Ujar Kapolsek Tabanan.


Lebih lanjut disampaikan oleh Kapolsek Tabanan "Kami pun telah berkoordinasi dengan instansi terkait yang membidangi kesehatan hewan/ternak untuk bersama sama melakukan daya cegah dan tangkal terhadap penyebaran PMK. 


" Kami himbau para peternak/petani pemelihara hewan sapi dan kambing untuk tetap menjaga dan memperhatikan kebersihan dari peliharaannya maupun kandang" Lanjut Kapolsek 


"Dalam pengawasan ini kami tugaskan personil unit patroli samapta, Reskrim , Intelkam, Binmas dan Bhabinkamtibmas. Dengan sasaran pengawasan RPH Banjar Tonja Desa Gubug, Kecamatan Tabanan dan peternakan kambing di  Banjar Pasekan Belodan,  Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan. Selain di ke dua tempat tersebut seluruh Bhabinkamtibmas juga kami kerahkan untuk melakukan himbauan dan pemantauan pada masing masing Desa di Kecamatan Tabanan. Sampai saat ini berdasarkan pemantauan dan kordinasi dengan UPTD bidang perternakan belum ada ditemukan PMK di Kecamatan Tabanan "Tutup Kapolsek Tabanan (Minggu 3/6/2022)


Iskandar