Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara Cek Hewan Ternak Warga Binaan



BARABAI-Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah, Babinsa Koramil 1002-08/Labuan Amas Utara Serka Suhartono melaksanakan kegiatan pemantauan dan pengecekan hewan ternak milik Suyadi warga binaan, di Desa Rantau Keminting RT.002 RW.001 Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan.Kamis (15/09) 


Serka Suhartono disela-sela kegiatan tersebut mengatakan, saat ini PMK pada hewan ternak sedang melanda ke berbagai daerah, terutama terhadap hewan ternak sapi.


Untuk itu ia  berharap kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak, agar senantiasa memperhatikan kebersihan hewan dan kandang agar terhindar dari penyakit mulut dan kaki hewan,"katanya


Sementara itu, Danramil 1002-08/Labuan Amas Utara Kapten Inf Andi Tiro juga menghimbau kepada para peternak, agar selalu menjaga kesehatan hewan ternak miliknya.


Dengan tidak lupa selalu memperhatikan sekelilingnya, baik lingkungan kandang, saluran pembuangan kotoran dan sisa makanan.


Hal ini sekaligus sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran PMK yang lagi mewabah hingga saat ini, ujarnya.


Lebih lanjut Andi Tiro  menegaskan, apabila ada hewan ternak yang kelihatan sakit, agar segera dipisahkan dari hewan ternak yang lain atau di karantina dahulu, sehingga tidak menular ke hewan ternak yang lainnya.


Dan segera dilaporkan ke dinas terkait, dengan tujuan supaya bisa ditangani dengan cepat, serta tidak berakibat fatal."tegasnya. (pendim1002)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama