Klungkung-Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H., memimpin Apel Gelar Pasukan Ops “Keselamatan Agung 2023” di Halaman Polres Klungkung, Selasa, (07/02/2023).


Pada pelaksanaan Apel Gelar Pasukan di hadiri oleh Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan,S.T.,M.M., Pejabat Utama Polres Klungkung,   Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klungkung  I Gusti Gede Gunarta SSTP, M. A. P., Kepala Jasa Raharja Kabupaten Klungkung Gusti Agung Gede Gergita Sastra, dan diikuti oleh Satu Peleton Perwira, Dalmas, Polairud, Gabungan Lantas, Gabungan Reskrim dan Intel serta Dishub Kab Klungkung.


Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H., membacakan amanat dari Kapolda Bali “Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena berkat rahmat beliau kita dapat berkumpul dalam acara Apel Gelar “Operasi Keselamatan Agung 2023” dengan Tema Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Menjelang Idul Fitri 1444 H Tahun 2023 di Wilayah Polda Bali”


Dewasa ini permasalahan lalulintas sudah berkembang cepat dan dinamis. ini semua tidak terlepas dari meningkatkannya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.


Sesuai dengan amanat Undang undang No 2 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kita diharapkan untuk;

1. Mewujudkan dan memelihara keamanan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban dalam berlalu lintas ( Kamseltibcarlantas )

2. Meningkatkan Kualitas Keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas

3. Membangun budaya tertib berlalulintas

4. Meningkatkan Kualitas pelayanan kepada masyarakat.



Salah satu fokus perhatian dalam  Operasi ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama bagi pengguna jalan, Masih banyak ditemukan pengendara yang melawan arus lalulintas serta menggunakan kendaraan bak terbuka untuk transportasi masyarakat.

“Operasi Keselamatan Agung 2023”akan dilaksanakan selama 14 hari Mulai tanggal 7 Februari sampai tanggal 20 Februari 2023. Kegiatan Ops ini dilaksanakan dengan mengedepankan konsep preemtif dan preventif, giat Gakkum (ETLE statis dan mobile serta teguran).


Melalui penyelenggaraan Operasi Keselamatan ini, Maka diharapkan akan tercapainya beberapa tujuan sebagai berikut

1. Terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas

2. Turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas

3. Berkurangnya titik kemacetan, terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas

4. Terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcarlantas yang mantap.  (*)