Klungkung - Telah berlangsung kegiatan Pelaksanaan Mepepada Rangkaian Tawur Kesanga Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 Di Catus Pata dari Desa Selisihan Kec. /Kab.Klungkung


Yang dihadiri oleh Raja Klungkung Ida Dalem Semaraputra Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, S.Pd.,M.M.,Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H.,M.K.P., Dandim 1610 / Klungkung Letkol Inf Armen,S.Ag., M.Tr (Han), Majelis Desa Adat Kab. Klungkung,Bendesa Adat selisihan, Serta warga masyarakat Desa Selisihan 200 orang. 


Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H.,M.K.P., menyampaikan bahwa Kegiatan ritual terlebih dahulu diawali dengan prosesi "nyukat genah" atau menentukan areal upacara, memercikkan air suci kepada seluruh kawasan dan hewan kurban, persembahyangan dan diakhiri dengan menuntun hewan tersebut berkeliling di perempatan catus pata. 


Upacara Mepepada itu dilaksanakan dengan ritual berkeliling di Catus Pata dengan menuntun sejumlah hewan kurban seperti sapi,karbau,lima jenis ayam, itik, angsa,babi, kambing, kura-kura dan anjing blang bukem Upacara Mepepada tersebut dipimpin oleh ida Pedande Gria Taman Cucukan. Ujarnya


Upacara Mepepada akan dilanjutkan dengan upacara Bumi Sudha yang dirangkaikan dengan upacara Tawur Kesanga yang bermakna untuk mengembalikan kesucian alam.


Kapolres Klungkung menambahkan bahwa serangkaian kegiatan menyambut hari raya nyepi tahun baru caka 1945, seluruh kegiatan yang ada di kabupaten klungkung ini kami sudah memploting personel tujuannya untuk mengamankan kegiatan masyarakat supaya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Imbuhnya  (*)