Tanjung Selor, babinsa Koramil 0903-05/Sekatak Serda T. Situmorang melaksanakan pemantauan air sungai Sekatak dalam rangka Kesiapan Babinsa dalam antisipasi bencana banjir di wilayah Kec Sekatak yang sempat naik ke rumah warga di Desa Bambang Kec Sekatak, Kamis (25/5/2023).


Serda T. Situmorang mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan debit air sungai yang meningkat, agar dapat diketahui oleh warga masyarakat lainnya untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana banjir.


Lebih lanjutnya menghimbau kepada warga untuk waspada bila terjadi luapan air sungai susulan akibat curah hujan. "Sementara kondisi saat ini luapan air mulai Surut," ungkapnya.


Dari pemantauan wilayah sempat air menggenangi halaman sebagian perumahan warga dan kondisi debit air berangsur-angsur mulai turun dan sekarang mulai surut.


Mengingat di daerah Bambang, Sekatak Buji, Bunau dan terindak ini bersebelahan dengan sungai, sehingga kita bersama warga terus memantau perkembangan debit air sungai, pihaknya akan terus memantau perkembangan debit air dan turun langsung ke lokasi dengan didampingi oleh warga setempat, guna mengantisipasi adanya luapan air yang bisa menimbulkan bencana dilokasi langganan banjir.


Curah hujan yang tinggi mengakibatkan beberapa titik rawan mengalami luapan air dari sungai, sehingga diharapkan kepada warga agar selalu waspada, untuk menghindari kejadian-kejadian yang kita tidak inginkan bersama.