BARABAI-Dalam rangka membentuk keluarga yang berkualitas, Satgas TMMD ke-116 Kodim 1002/HST menggelar Pelayanan KB Kesehatan di desa Hapulang Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Rabu (10/05).


Pelayanan Keluarga Berencana merupakan salah satu sasaran non fisik yang laksanakan selama pelaksanaan TMMD ke-116, 


Bekerjasama dengan Puskesmas Haruyan pelanana Keluarga berencana ini melayani pemasangan alat kontrasepsi  seperti pemasangan Implan, Suntik KB, Pil KB dan Kondom,"terang Pasiterdim 1002/HST Kapten Inf Moh.Alip Suroso.


Sedangkan Kepala PKM Haruyan Saibatul Hamdi.S.KM. menyampaikan bahwa Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk serta membentuk keluarga yang berkualitas."ujarnya


Pengertian KB (keluarga berencana) menurut UU No. 10 tahun 1992 (tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga sejahtera), adalah upaya peningkatan kepedulian dan peran serta masyarakat melalui pendewasaan usia perkawinan (PUP), pengaturan kelahiran, pembinaan ketahanan keluarga, peningkatan kesejahteraan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera."imbuhnya


Sedangkan tujuan Keluarga Berencana adalah Menekan jumlah penduduk dan menyeimbangkan jumlah kebutuhan dengan jumlah penduduk di Indonesia, dan Meningkatkan kesehatan keluarga berencana dengan mengendalikan kelahiran."tuturnya.(pendim1002).