Badung - Rumah Sakit Tk. II Udayana sebagai Unsur Pendukung Medis yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) dalam perhelatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023, bertugas mendukung kesehatan personel Satgas Pamwil yang melaksanakan pengamanan di Ring 2 dan Ring 3.


Demikian disampaikan Kepala Rumah Sakit Tk. II Udayana Kolonel Ckm dr. Sumanta Sembiring, Sp.B., dalam keterangannya saat diwawancarai di Posko Satgas Pamwil, Nusa Dua, Badung, Bali, pada Rabu (11/10/2023).


Selaku Ka Unsur Pendukung Medis, Kolonel Sembiring mengungkapkan bahwa para personelnya dibagi menjadi 4 Tim yang masing-masing dipimpin oleh seorang Dokter Militer dan didukung oleh 1 Ambulance dengan perangkat medis yang melekat pada masing-masing personel.


"Para personel Unsur Pendukung Medis memiliki kemampuan untuk melakukan pengobatan medis Kesehatan Lapangan. Para Dokternya kami bekali juga dengan minor set untuk bedah minor, sehingga bilamana ada kecelakaan yang mengakibatkan cedera atau trauma, dapat dilakukan tindakan medis langsung di lokasi kejadian," jelas Karumkit.


Lebih lanjut disampaikan, bahwa sesuai prosedur apabila terdapat personel Satgas Pamwil yang sakit, maka Dokter di Tim yang menanganinya akan melakukan pemeriksaan di tempat terlebih dahulu. Namun, jika diagnosanya harus melakukan perawatan lanjutan, maka akan dilakukan evakuasi ke Rumah Sakit Tk. II Udayana.


"Kami berharap kepada seluruh personel Satgas Pamwil yang menjadi tanggung jawab kami dapat melaksanakan tugas dengan baik dan tidak mengalami gangguan kesehatan terhadap mereka, sehingga para personel Satgas Pamwil dapat bekerja maksimal dan KTT dapat berjalan dengan sukses," pungkas Karumkit. (Pendam IX/Udy)