Jayapura – Bertempat di lapangan Mapolda Papua Baru Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H memimpin pelaksanaan Apel Pagi yang dihadiri oleh pejabat utama, para perwira, bintara, tamtama, dan ASN Polri Polda Papua, Senin (2/10/2023).


Dalam arahannya, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat mengucapkan terima kasih kepada semua anggota yang telah melaksanakan tugas dengan maksimal dan tanpa lelah, yang telah membuat situasi Kamtibmas dan disiplin anggota tetap terjaga dengan baik. 


Wakapolda Papua juga menyoroti upaya peningkatan pengawasan terhadap Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan juga pemakaian narkoba, dengan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Narkoba. 


“Kemarin kita dikejar dengan Satgas TPPO dan kini terdapat Satgas Penanggulangan Narkoba, tentunya saya akan sidak untuk internal dan mudah-mudahan di Papua tidak ada pemakai maupun pengedar, dimana itu hukumannya sudah jelas,” tegas Wakapolda.


Brigjen Pol. Ramdani Hidayat mengajak seluruh anggota untuk saling memonitor kegiatan sesama anggota, dan berkontribusi dalam membangun kepercayaan publik terhadap institusi Polri dan Polda Papua.


“Mari kita sama-sama meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi dan Polda Papua. Quick Wins sudah meningkat, dari 3 dibawah dan kini naik menjadi urutan 14 – 15, dan mudah-mudahan bisa 10 besar. Tentunya QW bukan sekedar laporan tapi bagaimana kita melaksanan tugas secara riil atau sungguh-sungguh,” tuturnya.


Pada kesempatan ini, Wakapolda juga meminta agar pengisian Analisis Beban Kerja (ABK) dilakukan dengan cermat, karena hal ini akan memengaruhi jumlah personel yang akan digunakan.


Brigjen Pol. Ramdani Hidayat juga menekankan pentingnya kesadaran anggota dalam menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Ia berpendapat bahwa dengan kemauan, 80% dari keseluruhan tugas sudah bisa dilaksanakan dengan baik.


Berkaitan dengan Pemilu, Wakapolda Papua mengajak untuk mengantisipasi pergantian Bawaslu dan KPU serta tahapannya, termasuk sistem noken yang masih diterapkan di Papua.


Wakapolda Papua mengakhiri arahannya dengan mengajak semua anggota untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental yang prima. Ia yakin bahwa dengan semangat dan kemandirian anggota, tugas-tugas selanjutnya akan dapat dilaksanakan dengan baik.


“Kita selalu berdoa agar kita selalu diberikan kesehatan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan selanjutnya. Ingat kita ini bukan pelari cepat, namun pelari jarak jauh. Karena itu, harus atur nafas dan tenaga, agar kita bisa melaksanakan tugas setiap harinya,” tutup Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat.


Kegiatan Apel Pagi personel Polda Papua ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan mengevaluasi pelaksanaan tugas personel Polda Papua.