Tanjung Selor, Komando Distrik Militer (Kodim) 0903/Bulungan gelar karya bakti membersihkan lingkungan Pasar Rakyat di Kecamatan Tanjung Palas, Bulungan, Kamis (7/12/2023). Itu dilakukan mencegah terjadinya bencana banjir dan mengurangi penyakit demam berdarah dengue (DBD). 


Dandim 0903/Bulungan, Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mengatakan, karya bakti ini dilakukan serentak di seluruh kodim di Indonesia sesuai arahan pimpinan atas. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir karena intensitas hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir.

“Jadi, kita membersihkan pasar dan fasilitas umum lainnya, termasuk pembersihan aliran drainase agar tidak tersumbat,” katanya di sela-sela peninjauan.


Seperti diketahui, wilayah Bulungan pernah mengalami bencana banjir besar pada 2015, sehingga Kodim 0903/Bulungan mengambil langkah untuk mencegah kejadian serupa terjadi. 

“Saya berharap pembersihan drainase ini dapat mengurangi risiko terjadinya bencana banjir pada masa hujan,” ungkapnya.


Selain faktor banjir, pembersihan drainase juga dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit, karena perairan yang tersumbat dapat menjadi tempat bersarang nyamuk Aedes Aegypti  yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam demam berdarah dengue (DBD). 

“Aliran drainase yang tersumbat bisa menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti,” ungkapnya.


Karena itu, pembersihan drainase dinilai sangat penting untuk meminimalisir penyebaran penyakit DBD di musim penghujan saat ini. Melalui karya bakti, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan.

“Semoga kegiatan serupa dapat lebih banyak dilakukan oleh pihak terkait sehingga kita bisa hidup di lingkungan yang sehat dan nyaman,” harapnya.


Untuk itu, Dandim menginstruksikan kepada seluruh jajaran Koramil dan Posramil untuk melakukan karya bakti di wilayah teritorialnya. Sehingga, bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan,” bebernya.


Selain karya bakti, Kodim 0903/Bulungan juga  melakukan penanaman pohon buah di area jalan usaha tani di Tanjung Palas Utara. Sebanyak 200 pohon buah ditanam dengan harapan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Iya, kita berharap dengan adanya penanaman pohon buah ini kedepan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” pungkasnya.