Bali- Hari Suci Siwaratri jatuh setiap setahun sekali berdasarkan kalender Isaka yaitu pada purwaning Tilem atau panglong ping 14 sasih Kepitu (bulan ke tujuh) dalam perhitungan kalender bali sebelum bulan mati (tilem), dalam kalender Masehi jatuh setiap bulan Januari.

 Siwaratri memang memiliki makna khusus bagi umat Hindu, karena pada saat tersebutlah Hyang Siwa beryoga, sehingga menjadi hari baik bagi umat untuk melakukan brata semadi berikut kegiatan penyucian dan perenungan diri serta melakukan pemujaan kepada Sang Hyang Siwa.

Sebagaimana pelaksanaan malam Siwaratri di Kecamatan Blahbatuh, Polsek Blahbatuh mengerahkan personelnya untuk melakukan pengamanan di beberapa pura besar yang ada di Kecamatan Blahbatuh seperti Pura Samuan Tiga, Pura Goa Gajah, Pura Masceti  dan beberapa Pura Kahyangan Tiga di masing-masing Desa Adat,  Selasa  malam/9 Januari 2024.

Bahkan, beberapa pantai di Blahbatuh juga menjadi atensi pengamanan oleh Personel Gabungan TNI-POLRI dan Pecalang  seperti Pantai Masceti dan sepanjang pantai Pering hingga Cucukan.

Seijin Kapolres Gianyar AKBP Ketut


Widiada, S.I.K., Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H.,M.H. mengatakan bahwa secara umum perayaan malam Siwaratri di wilayahnya berjalan dengan aman khidmat dan lancar

"Pengamanan terpadu kami laksanakan dalam menjamin keamanan perayaan malam Siwaratri, Piket Fungsi melaksanakan patroli sedangkan Bhabinkamtibmas yang ada di Desa berkolaborasi dengan Babinsa dan Pecalang, astungkara pelaksanaan malam Siwaratri berjalan dengan aman dan lancar, tandas Kapolsek. (*)