SALATIGA - Memperingati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Salatiga menggelar berbagai kegiatan diantaranya perlombaan yang dikemas dengan "Festival Muharram". Lomba dengan tema Islami antara lain Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ), Praktik Shalat, dan Adzan yang diikuti para santri WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan). Demikian disampaikan Kepala Rutan Salatiga Redy Agian didampingi Humas Nuryadi, Selasa (9/7/2024). 


"Festival Muharram ini salah satu wujud syukur sekaligus sebagai kegiatan positif para santri. Bahkan, juga sebagai wujud pembinaan kepada warga binaan Rutan Salatiga. Meski menjalani penahanan, namun para santri tetap dibekali pembinaan kerohanian. Baik yang beragama Islam, Kristen, Katholik maupun lainnya. Sekarang ini melalui 'Festival Muharram' dan kerjasama dengan Singkong Keju D9 Salatiga," terang Redy Agian. 


Menurutnya, melalui pembinaan dengan memberikan bekal ilmu agama ini diharapkan para santri setelah bebas mempunyai akhlakul karimah. Bajkan, mengamalkan nilai-nilai luhur sesuai dengan agama yang dianut serta tidak mengulangi perbuatannya yang melanggar hukum.


"Melalui bekal ilmu agama yang kuat, diharapkan para santri setelah bebas nantinya mempunyai akhlakul karimah. Bahkan, mengamalkan nilai-nilai luhur sesuai dengan agama yang dianut serta tidak mengulangi pelanggaran hukum," tandas Redy. (HERU SANT).