SALATIGA - Prodi Doktor Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga kembali menganugerahkan gelar Doktor Manajemen kepada Hero Budi Santoso dan Temoteus Prasetyo Hadi Atmoko. Penganugerahan gelar Doktor Manajemen disampaikan dalam yudisium Prodi Doktor Manajemen FEB UKSW, Senin (1/7/2024) di kampus UKSW Salatiga. 


Prof Dr Gatot Sasongko SE MSi, salah satu penguji menyampaikan, bahwa Hero Budi Santoso meraih gelar Doktor Manajemen dengan disertasi berjudul “Model Terintegrasi Keselamatan Maritim Indonesia : Iklim dan Kinerja Keselamatan”. Pembimbingan disertasi yang ditulis Hero Budi Santoso dilakukan oleh Tim Promotor terdiri dari Prof Christantius Dwiatmadja SE ME PhD  dan ko-promotor Prof. Ir. Lieli Suharti, M.M., Ph.D dan Prof. Dr. Agus Sugiarto, S.Pd., M.M. Untuk Tim Penguji terdiri dari Prof. Dr. Gatot Sasongko, S.E., M.Si., Prof. Dr. Ir. Sony Heru Priyanto, M.M., dan Albert Kriestian N.A.N., S.E., M.M., Ph.D. 


"Dalam disertasinya, Hero Budi Santoso menawarkan model terintegrasi keselamatan maritim yang berisi lima peubah yang memengaruhi iklim keselamatan yang selanjutnya berdampak pada kinerja keselamatan kerja. Lima peubah tersebut adalah komitmen manajemen terhadap keselamatan, implementasi sistem manajemen keselamatan, dukungan faktor teknis, pengetahuan keselamatan, dan ketahanan individu. Lebih jauh, pengujian peran designated person ashore (DPA) dalam hubungan antara pengaruh iklim keselamatan dan kinerja keselamatan," terang Prof Dr Gatot Sasongko. 


Dari disertasi itu, diharapkan Model Terintegrasi Keselamatan Maritim Indonesia ini dapat menyumbang pada alternatif kerangka pemikiran untuk meningkatkan kinerja keselamatan di industri pelayaran di Indonesia. 


Gelar Doktor Manajemen yang lain diterima juga disandang oleh Temoteus Prasetyo Hadi Atmoko. Disertasinya berjudul “Penerapan Praktik Green Human Resources Management Dalam Kemampulabaan Bisnis Hotel Hijau". Tim pembimbing disertasi terdiri Prof. Dr. Agus Sugiarto, S.Pd., M.M., ko-promotor Prof. John J.O.I. Ihalauw, S.E., Ph.D., C.H.E. dan Albert Kriestian N.A.N., S.E., M.M., Ph.D. Tim penguji yakni Prof. Christantius Dwiatmadja, S.E., M.E., Ph.D.; Prof. Ir. Lieli Suharti, M.M., Ph.D., serta Prof. Dr. Ir. Sony Heru Priyanto, M.M.


"Temoteus Prasetyo Hadi Atmoko mengangkat topik yang pada intinya merupakan buah hasil pemikiran dan pengamatannya sebagai dosen, konsultan, dan praktisi dalam sektor industri pariwisata khususnya bidang perhotelan. Penerapan praktik-praktik hijau berpotensi menjadi strategi diferensiasi yang efektif untuk mendukung keberlanjutan usaha layanan hotel, " tandas Prof Dr Gatot Sasongko. (HERU SANT).