Kubu Raya, lintasbatasnews.com - Menindaklanjuti titik api dari pantauan satelit, Koramil 1207-05/Sungau Raya melakukan pengecekan lokasi sesuai titik koordinat yang terdeteksi di wilayah Desa Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, (Selasa, 08/06/2021)


Danramil 1207-05/Sungai Raya Kapten Inf Albertus Nihem menyampaikan, Bahwa guna melaksanakan pengawasan dan meyakinkan api betul betul padam di lokasi, personel koramil Sungai Raya dibantu MPA dan relawan bergerak ke titik api sesuai data dari BMKG.


"Tiba dilokasi, api yang membakar lahan tersebut sudah padam dan hanya tersisa bara api. Untuk itu dilakukan tindakan dengan mematikan sisa-sisa api yang masih menyala hingga api benar-benar padam," kata Danramil. 


Danramil menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar, karena bisa mengakibatkan lapisan organik menghilang dan lahan gambut akan musnah.


"kami berharap masyarakat dapat mengerti dan sadar apa yang telah kita sampaikan. Dan melalui Babinsa Kami juga akan terus melakukan patroli secara insten sebagai upaya pencegahan Karhutla di wilayah Kabupaten Kubu Raya, khususnya Kecamatan Sungai Raya,  ucap Danramil mengakhiri.


(Pendim 1207/BS)