Gianyar - Calon Perbekel di Kabupaten Gianyar melaksanakan Deklarasi Damai Pemilihan Perbekel (Pilkrl) serentak di Alun Alun Gianyar, Rabu (12/1) pagi.


Kegiatan deklarasi damai ini dihadiri Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST Par MAP, Ketua DPRD Gianyar Drs I Wayan Tagel Winarta,MAP, Wakil Bupati Gianyar A.A Gde Mayun, S.H., Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K.,M.H., Dandim 1616 Gianyar Letkol Inf Hendra Cipta,S.Sos, Ketua Komisi IV DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi,S.E., Sekda Gianyar Ir I Made Gede Wisnu Wijaya, M.M. serta undangan lainnya.


Deklrasi damai ini sepakat untuk melaksanakan Pemilihan Perbekel Serentak di Kabupaten Gianyar pada 16 Januari 2022 mendatang berlangsung aman, lancar dan kondusif.


"Deklarasi Damai ini diselenggarakan, untuk meminimalisir berbagai ancaman Kamtibmas, sebelum dan sesudah pelaksanaan Pilkel mendatang,” terang  Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K. kepada awak media.


Kapolres mengungkapkan, di dalam Deklarasi Damai ditekankan setiap calon ataupun peserta Pilkel Serentak agar siap menang siap kalah. 


“Ada beberapa poin yang harus mereka patuhi dan taati, sekaligus mereka tandatangani bersama," ungkapnya.


Kapolres juga menjelaskan setiap calon pilkel harus mampu mengendalikan massa pendukungnya masing-masing tidak hanya saat masa kampanye damai, masa tenang namun pada saat pencoblosan, penghitungan serta pengumuman, hingga pasca diumumkannya pemenang.


"Setiap Calon yang berkopetisi pada Pilkel serentak harus bisa mengendalikan massa pendukungnya dan menerima hasil dari pilkel" ujar Bayu Sutha.


Disamping itu Kapolres juga mengingatkan kepada calon pilkel harus mampu memberikan contoh bagi massa pendukungnya masing-masing. Sehingga ancaman kamtibmas sekecil apapun, bisa diselesaikan dengan baik.


"Bila ada permasalahan atau gesekan antar pendukung, cepat redam jangan sampai terjadi keributan yang mengarah ke perbuatan anarkis yang dapat merugikan semua pihak" tandasnya.