Lumajang, Pendim 0821 – Sebagai upaya mencegah terjadinya luapan air saat hujan, Personel Koramil 0821/15 Tekung bersama masyarakat gotong royong membersihkan aliran Sungai Repeh Yang berada di Dusun Magersari RT 007 RW 002 Desa Tekung Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (23/3/2022).


Bati Tuud Koramil 0821/15 Telung, Pelda Slamet Riadi menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mencegah terjadinya luapan air Sungai Repeh, terutama saat hujan turun dengan intensitas tinggi.


Slamet juga menyampaikan, bahwa keterlibatannya dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk lebih dekat dan mempererat silaturahmi dengan masyarakat, serta merupakan bentuk pelaksanaan tugas pokok satuan dalam melaksanakan pembinaan di wilayah.


“Selain bertujuan untuk memperlancar aliran air Sungai Repeh, kegiatan ini juga merupakan wujud pelaksanaan tugas pokok satuan dalam memupuk dan mempererat silaturahmi serta komunikasi dengan masyarakat”, ujarnya.


Lebih lanjut Slamet mengatakan, bahwa air Sungai Repeh sering meluap dan menggenangi area pemukiman warga, yang dikarenakan banyaknya sampah dan tanaman liar yang menghambat aliran air.


Dia berharap, dengan dilakukannya pembersihan tersebut, Sungai Repeh dapat menampung lebih banyak debit air meskipun saat hujan deras, dan mengalirkannya dengan lebih lancar, sehingga tidak meluap dan menggenangi area pemukiman warga yang ada di sekitar bantaran sungai.


“Bersama kita jaga sungai dari sampah, agar dapat menampung dan mengalirkan air dengan lebih lancar, sehingga tidak meluap dan menggenangi pekarangan rumah warga, terurama yang ada di sekitar bantaran sungai,” pungkasnya. (Pendim0821).