LINTASBATASNEWS.COM  Polresta Jayapura Kota  - Selaku fungsi yang bertindak sebagai pengawas kinerja personil di bidang pelayanan, Kasiwas Polresta Jayapura Kota turun langsung memantau aktifitas pelayanan fungsi satuan intelkam dalam hal pengurusan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kriminal) bertempat di ruang pelayanan SKCK Polresta Jayapura Kota, Rabu (6/3) Pagi.


Kasiwas Polresta Jayapura Kota Iptu Mursyanto mengatakan, pengawasan yang dilakukannya merupakan bentuk pengawasan pelayanan kepolisian kepada masyarakat, dimana pelaksanaannya harus sesuai SOP dan tanpa pamrih.


Ia menuturkan, dalam pengawasan yang dilakukan pihaknya tidak hanya kepada satuan intelkam saja, namun juga kepada fungsi-fungsi lain yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat seperti satuan lalulintas dalam pengurusan SIM, satuan Narkoba untuk pengurusan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu) serta Unit Identifikasi untuk bagian Sidik Jari.


"Kami di Polresta Jayapura Kota beserta jajaran telah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk itu kami harus siap dalam melayani masyarakat tanpa pandang bulu dan pamrih," ucapnya.


Dirinya juga menambahkan, untuk pelayanan SKCK sekarang ini dibanjiri dengan para peserta pendaftaran Polri, TNI-AD dan IPDN dimana dari teknis pelayanan pihaknya harus bisa memperhatikan kenyamanan masyarakat yang dilayani serta penerapan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 saat ini.


Ditempat yang sama Brigpol Lusi selaku petugas pelayanan SKCK mengatakan, setiap harinya kira-kira sebanyak 100 hingga 150 lebih orang yang memohon untuk penerbitan SKCK, dan semuanya di dominasi oleh para peserta pendaftaran Polri, TNI-AD dan IPDN, dimana pada hari biasanya hanya menerbitkan 20 hingga 30 SKCK.


"Akhir-akhir ini setiap harinya kami layani pengurusan SKCK sebanyak 100 sampai 150 orang bahkan lebih, dimana para penerima layanan tersebut hanya diwajibkan membayar PNBP sebesar tiga puluh ribu rupiah sesuai yang diatur dalam Undang-undang, tidak lebih karena kami melayani untuk kenyamanan dan kepuasan masyarakat," pungkas Brigpol Lusi.(*)


Penulis : Subhan