Kodim 0904/Paser, Kecamatan Tanah Grogot. Untuk menarik animo Santri di Kabupaten Paser, Kodim 0904/PAser laksanakan Sosialisasi Rekuitmen Prajurit TNI Khusus Santri. Rabu (16/3/2022).

TNI AD saat ini memiliki program perekrutan prajurit khusus santri. Sosialisasi dilakukan dengan mengunjungi pondok pesantren di Kabupaten Paser. Salah satunya Pondok pesantren Al Ikhsan di Desa Senaken Kecamatan Tanah Grogot.

Para santri kelas 3 Madrasah Aliyah mendapat penjelasan program penerimaan prajurit TNI AD. Program perekrutan TNI AD jalur Khusus Santri bisa melalui Bintara dan Tamtama Tahun Anggaran 2022.

"Perekrutan prajurit TNI AD melalui jalur khusus santri ini, memberikan kesempatan kepada santri untuk berkarir sebagai prajurit TNI AD."kata Dandim 0904/PAser (Letkol Inf Ronald Wahyudi, SE).  

Menurut Dandim, setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi prajurit TNI AD. Namun demikian jalur santri secara khusus diterapkan dalam program penerimaan prajurit TNI AD. 

Adapun persyaratan khusus yang dimaksud yakni, mendapatkan ijazah kelulusan dari satuan pendidikan di Pesantren. Mampu menghafal ayat suci Alquran minimal dua juz ditambah juz Amma. Mampu berkhotbah dan menjadi Imam. Selebihnya untuk usia maksimal berusia 22 tahun pada saat mendaftar dan memiliki tinggi badan minimal 163 Cm. 

Sementara itu pengasuh Pondok Pesantren Al Ikhsan Haryono menyampaikan, pihaknya antusias dan bangga dengan adanya program dari satuan TNI AD tersebut. Ia juga meyakini bahwa santri yang berada di Pondok Pesantren tersebut pada dasarnya mampu untuk memenuhi persyaratan khusus yang telah ditetapkan tersebut. 

Untuk lebih jelasnya para Santri untuk mengunjungi Makodim 0904/Paser dalam kelengkapan persyaratan administrasi. 


Dim 0904/Psr