Persembahyangan Hari Raya Siwaratri Di Pura Kertha Bwana Polsek Blahbatuh

 



Bali-Personel Polsek Blahbatuh melaksanakan persembahyangan bersama dalam rangka menyambut Hari Raya Siwaratri/Panglong ke-14 Sasih Kepitu di Pura Kertha Bwana Polsek Blahbatuh, Jumat/20 Januari 2023.


Kegiatan persembahyangan dipimpin Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. serta dihadiri dan diikuti oleh Para Kanit/Panit dan Kasi dan Personel Polsek Blahbatuh yang beragama Hindu.


Bertindak selaku rohaniawan Pemangku Jro Gede Putra Mas/Bhabinkamtibmas Desa Buruan dengan rangkaian kegiatan diawali dengan Ngaturang Banten Ajuman/Pejati, nunas Pengelukatan dilanjutkan dengan Persembahyangan bersama


Sebagaimana diketahui Hari Suci Siwaratri jatuh setiap setahun sekali berdasarkan kalender Isaka yaitu pada purwaning Tilem atau panglong ping 14 sasih Kepitu (bulan ke tujuh) dalam perhitungan kalender bali sebelum bulan mati (tilem), dalam kalender Masehi jatuh setiap bulan Januari.


Seijin Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, S.I.K, M.H., Kapolsek menyatakan bahwa kegiatan persembahyangan ini dilaksanakan sebagai wujud Srada Bhakti kepada Ida Sang Widhi Wasa / Tuhan Yang Maha Esa.


"Siwaratri memang memiliki makna khusus bagi umat Hindu, karena pada saat tersebutlah Hyang Siwa beryoga, sehingga menjadi hari baik bagi umat untuk melakukan brata semadi berikut kegiatan penyucian dan perenungan diri serta melakukan pemujaan kepada Sang Hyang Siwa" tandas Kapolsek.  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama