Tanjung Selor, Kunjungan dan Peninjauan Pos Pelayanan Terpadu Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 Ops Ketupat Kayan - 2023 di Wilayah Hukum Polresta Bulungan Oleh TNI Polri dan Pemerintah Prov Kaltara bertempat di Pos Pelayanan Mudik di wilayah Kab Bulungan, Kamis (20/4/2023).


Dalam pemantauan arus mudik pada H-2 Lebaran ini, Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal A. Paliwang., SH., M. Hum turut didampingi oleh Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya,S.H., S.I.K., M.Si, Danrem 092/Mrl Brigjen TNI Ari Estefanus, S. Sos., M.Sc., Kapolresta Bulungan Kombes Pol. Agus Nugraha, S.H., S.I.K., M.H, Dandim 0903/Bul Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.I.P dan pejabat utama Polda Kaltara.


Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal A. Paliwang., SH., M. Hum beserta rombongan menuju Pos Pelayanan Mudik yang berada di Bandar Udara (Bandara) Tanjung Harapan, Tanjung Selor. Lalu bergeser melakukan pengecekan ke Pelabuhan Kayan 1, dan terakhir mengecek situasi Pelabuhan Kayan 2 di Sabanar Lama serta melihat kesiapan armada speedboat di dermaga pelabuhan.


Gubernur Kalimantan Utara Drs. Zainal A. Paliwang., SH., M. Hum mengatakan selamat bertugas dan memberikan semangat serta ucapan apresiasi kepada para petugas. Tak hanya memberikan semangat, bahkan memberikan bingkisan lebaran kepada para petugas.


Dirinya menuturkan pihak pelabuhan dan pengusaha speedboat menyiapkan armada speedboat tambahan guna mengantisipasi lonjakan penumpang, Bahkan ada penambahan speedboat, dalam satu hari itu sampai 3 speedboat tambahan unthk antisipasi lonjakan penumpang.


Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada petugas. Tetap jaga kesehatan, keselamatan serta kewaspadaan dalam bekerja melayani masyarakat. Semoga ini menjadi amal ibadah di bulan puasa.


Dirinya meminta agar aspek keselamatan tetap diutamakan dan jarak tunggu antar keberangkatan armada dapat dipersingkat, Kita minta alat keselamatan itu dipastikan, penumpang jangan melebihi kapasitas dan durasi keberangkatan itu bisa 20-25 menit sekali agar bisa antisipasi lonjakan penumpang.


Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya,S.H., S.I.K., M.Si kondisi arus mudik Lebaran khususnya untuk moda angkutan transportasi sungai cukup lancar, Kita menyiapkan tiga posko pengamanan ada di Bandara, lalu Pelabuhan Kayan I dan Kayan II.


Menurutnya tiga pos di Tanjung Selor tersebut cukup penting guna memantau hilir mudik penumpang, fokus utama Pos Pengamanan adalah di aspek keselamatan dan ketepatan waktu dalam jadwal pelayaran sebab keamanan dan kenyamanan mudik menjadi perhatian utama Polri dalam arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.


Jumlah keberangkatan penumpang pada 19 April lalu mengalami kenaikan hingga 32 persen dibandingkan pada 18 April yakni dari 1.305 penumpang menjadi 1.557 penumpang, Adapun jumlah armada speedboat reguler yang beroperasi juga turut bertambah dari 25 armada menjadi 29 armada.


Arus lalu lintas orang dan barang kita ingin pastikan tidak ada keterlambatan dan aspek keamanannya terjamin, Seperti diketahui puncak arus mudik di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor diprediksi terjadi mulai kemarin dan hari ini, Kita ingin memastikan pelaksanaan mudik Lebaran ini aman dan nyaman dan tidak ada kesalahan.