Polresta Jayapura Kota,- Bertempat di Aula Mapolresta Jayapura Kota, Puslitbang (Pusat Penelitian dan Pengembangan) Polri melakukan penelitian dan pembinaan terhadap Personel Polri berpangkat Perwira Pertama yang dipimpin langsung oleh Kombes Pol Ade Djadja Subagdja Yudistira S.I.K., M.H selaku Ketua Tim dan didampingi langsung oleh Wakapolresta Jayapura Kota AKBP Deni Herdiana, S.E., S.H., M.M., M.H, Senin (03/04).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Dr. Retno Kusumastuti, M.Si selaku Konsultan dari Universitas Indonesia, AKBP. Ade Chadijah, S.Sos selaku Sekertaris, IPDA Rachmat Taufik H. dan diikuti kurang lebih 30 peserta yaitu Perwira Pertama yang berpangkat Ipda hingga AKP.


Maraknya pelanggaran-pelanggaran yang masih banyak dilakukan oleh Anggota Polri khususnya Perwira Pertama Alumni Akpol (Akademi Kepolisian) dan Alumni Sekolah Inspetur Polisi menarik perhatian dari Tim Puslitbang Polri untuk mengecek langsung dan melakukan pembinaan.


KBP Ade Djadja menjelaskan kegiatan yang pihaknya lakukan ini merupakan pembinaan kepada Perwira Pertama yang sejatinya terbentuk untuk menjadi pemimpin dan bisa menjadi contoh bagi para Personel Kepolisian yang lain.


"Kegiatan riset yang yang dilakukan sudah berjalan semenjak Perwira ini masuk pendidikan hingga dilantik menjadi Perwira Pertama Kepolisian, dan penelitian ini juga untuk mencegah para Perwira ini melakukan pelanggaran ataupun tindak pidana," ujarnya.


Upaya-upaya yang dilakukan juga merupakan wujud kepedulian dari para senior dan mentor dengan berpacu pada pola pengasuhan, pola pembinaan hingga membentuk mereka menjadi Perwira Polri yang layak untuk bertugas dimanapun mereka ditempatkan.


"Sebelumnya kami sudah pernah melakukan Penelitian tentang Daerah Otonomi Baru meliputi tiga Povinsi Pemekaran yakni Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah yang hasilnya sudah kami laporkan ke Kapolri," terangnya.


Tim Puslitbang Polri berharap usai dari kegiatan penelitian sekaligus pembinaan terhadap Perwira Pertama Alumni Akpol dan SIP bisa menjadi Pemimpin di Insitusi Polri dan menghindari segala macam pelanggaran dan tindak pidana yang bisa merugikan Istitusi Polri, serta bisa mewujudkan Marwah Polri yang semakin baik dimata masyarakat.(*)


Penulis : Sesa