Denpasar - Setelah kedatangan para delegasi kemarin, Hari ini (Minggu, 4 Juni 2023) seluruh delegasi melaksanakan kegiatan hari pertama Asean Military Operation Meeting (AMOM) ke-13 tahun 2023 di wilayah Provinsi Bali.


Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Asisten Oprasi Panglima TNI, Mayor Jendral TNI Muhammad Nur Rahmad tersebut diawali dengan Bilateral dan Secretary Meeting yang terbagi menjadi empat ruangan dilakukan secara bergiliran, membahas rencana kegiatan latihan kedepan antara Indonesia dan negara-negara ASEAN.


Diakhir kegiatan Bilateral dan Secretary Meeting, dilaksanakan penyerahan pelakat dan koin dari Asisten Oprasi Panglima TNI kepada seluruh delegasi yang terlibat dalam kegiatan Asean Military Operation Meeting (AMOM) ke-13 tahun 2023.


Memasuki waktu sore, seluruh delegasi Negara ASEAN melaksanakan kegiatan Culture Day, dengan mengendarai kendaraan VW secara beriringan menuju venue-venue wisata, antara lain Pantai Pandawa, Pantai Melasti dan Garuda Wisnu Kencana Culture Park. Hingga malam hari tiba dilanjutkan dengan acara Welcome Dinner di Sofitel Hotel and Resort.


Terkait kegiatan tersebut, Kodam IX/Udayana telah siap dan menjamin keamanan para Delegasi. Dalam hal ini, Koordinator Patwal dari Pomdam IX/Udayana dipimpin Wadandenpom IX/3 Denpasar Mayor Cpm Herdy Soediro, yang berperan penting untuk mengatur keamanan pengawalan selama pelaksanaan Culture Day agar berjalan sesuai rencana.


Dalam pelaksanaannya seksi pengamanan terbagi di beberapa titik, mulai dari pengawalan iring-iringan hingga pengamanan lalu lintas di tiap tempat yang dikunjungi oleh delegasi. Selama melaksanakan kegiatan seluruh unsur pengamanan dan pendukung melaksanakan tugas dan tanggung jawab nya sesuai dengan seksi dan pos-pos yang sudah terbagi. (Pendam IX/Udy)