Tanjung Selor, Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si didampingi Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si dan Sekretaris Daerah, Risdianto, S.Pi, M.Si serta Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP meresmikan Logo Kebun Raya Bundayati di Jl Sengkawit, Tanjung Selor pada Kamis (12/10/2023). 

Bupati mengungkapkan, keberadaan kebun raya sangat strategis sebagai kawasan terpadu yang diharapkan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

Diketahui, selain manfaat ekologi dan menyelamatkan keanekaragaman hayati tumbuhan, keberadaan kebun raya juga dapat memberikan dampak ekonomi, sosial hingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah daerah. Kemudian kebun raya juga menjadi laboratorium penelitian bagi mahasiswa dan peneliti serta ajang edukasi bagi para pelajar sesuai dengan fungsi-fungsi kebun raya yang terdiri dari konservasi, Penelitian, Pendidikan, Wisata dan Jasa Lingkungan.

“Kita patut bersyukur karena kawasan ini adalah kawasan yang strategis, satu-satunya kebun raya di Kaltara dan letaknya juga di tengah jantung ibukota Kaltara,” ujar Bupati dalam peresmian yang turut dihadiri tim dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selaku pembina pembangunan kebun raya di Indonesia. Dilanjutkan, keberadaan Kebun Raya Bundayati telah diletakkan pondasinya oleh para pemimpin Kabupaten Bulungan terdahulu. Kemudian  diubah statusnya sesuai standar serta relugasi menjadi kebun raya. Untuk itu Bupati menyampaikan terima kasih dan apreasiasi.

Ditegaskan, meski masih dalam proses penataan dan pembenahan, peresmian logo kebun raya diharapkan menambah semangat semua pihak untuk memastikan pembangunan berkelanjutan serta menjadikan Kebun Raya Bundayati ke depannya benar-benar representatif sebagai sebuah kebun raya.

“Semoga ini menjadi simbol baru kemajuan Kabupaten Bulungan,” pesan Bupati. Kegiatan turut diisi penyerahan hadiah sayembara logo Kebun Raya Bundayati dari Bupati kepada pemenang sayembara melalui Surat Keputusan Bupati Bulungan Nomor 188.45/453 Tahun 2023 tertanggal 7 Agustus 2023 serta penyerahan Peta Batas Desa kepada Kelurahan Tanjung Selor Hlir, Desa Liagu, Salimbatu, Silva Rahayu, Kelubir dan Desa Ruhui Rahayu.

Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro, S.IP mendukung dan mengapresiasi Peresmian Logo Kebun Raya Bundayati Bulungan, semoga Bulungan lebih baik dan lebih maju lagi. Ini adalah tempat yang menawarkan peluang pendidikan dan rekreasi bagi masyarakat Bulungan, serta merupakan daya tarik potensial bagi wisatawan.

Dandim juga menekankan pentingnya keberlanjutan lingkungan dan pelestarian alam di Bulungan. Ia berharap bahwa Kebun Raya Bundayati Bulungan akan terus berkembang, memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kekayaan alam di daerah tersebut, dan menjadi tempat edukasi lingkungan yang penting bagi generasi mendatang.

Peresmian logo Kebun Raya Bundayati Bulungan adalah langkah yang membanggakan dalam mendukung upaya pelestarian alam dan pendidikan lingkungan. Semoga dengan dukungan dari Kodim 0903/Bulungan dan masyarakat setempat, Bulungan akan terus berkembang menjadi daerah yang lebih baik dan maju, menjaga keindahan alamnya, dan menjadikan Kebun Raya Bundayati Bulungan sebagai tempat yang inspiratif bagi semua.