Tanah Laut - Personel Koramil 1009-03/Bati-Bati Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman yang dipimpin oleh Peltu Arif Wicaksono melaksanakan bhakti sosial pembersihan Pasar tradisional di Desa Tambang Ulang, Kec. Tambang Ulang, Kab. Tanah Laut, Minggu (24/03/2024).


Menurut Peltu Arif selaku koordinator kegiatan, pembersihan itu semakin mempererat hubungan emosional antara TNI, Aparat pemerintahan dan masyarakat lainnya dalam mewujudkan kemanunggalan TNI-rakyat.


"Pembersihan difokuskan dengan mulai membersihkan pada bagian Los pasar, jalan-jalan, selokan-selokan dan parit-parit yang selama ini tertutup tanah dan lumpur akibat seringnya hujan, serta sampah yang berserakan di sekitar Pasar," ungkapnya.


Kegiatan yang dilaksanakan oleh personel jajaran Kodim 1009/Tla di wilayah binaannya, adalah dalam rangka mengantisipasi terjadinya genangan air pada saluran air yang tersumbat akibat sampah maupun semak yang tumbuh liar yang dapat mengakibatkan munculnya wabah penyakit akibat berkembangbiaknya nyamuk. 


Hal itu disampaikan Dandim 1009/Tanah Laut Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., saat dikonfirmasi terkait dilaksanakannya karya bhakti oleh jajarannya.


“Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk membantu warga sekitar dan petugas Pasar dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan di sekitar Pasar Tradisional, dengan demikian aktivitas jual beli di pasar tersebut dapat berjalan dalam suasana lingkungan yang sehat," tutur Dandim. (Pendim 1009/Tla)