Pelaihari - Bertempat di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pelaihari Jln. A. Syairani Kel. Sarang Halang Kec. Pelaihari Kab. Tanah Laut, Personel Kodim 1009/Tanah Laut Korem 101/Antasari, Kodam VI/Mulawarman, melaksanakan pendampingan/Back Up pada kegiatan razia Penggeledahan Kamar/Blok Hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), oleh Aparat Petugas Rutan Klas II B Pelaihari, Jum'at (08/03/2024) malam.


Hal ini merupakan tindak lanjut instruksi Dirjen Kemenkumham sebagai bentuk wujud nyata pembinaan terhadap WBP, maka akan dilaksanakan razia rutin yang menyasar seluruh kamar dan lingkungan blok hunian WBP. Razia dilaksanakan secara insidentil malam hari dengan tujuan agar razia membuahkan hasil dengan maksimal. 


Komandan Distrik Militer (Dandim) 1009/Tla Letkol Inf Indar Irawan, S.E., M.Han., menyampaikan apresiasi dan selalu mendukung terselenggaranya kegiatan operasi gabungan di Rutan Kelas II B Pelaihari, dengan mengikutsertakan personel Kodim 1009/Tla sehingga dapat menciptakan situasi rutan yang tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 


"Kami TNI dalam hal ini Kodim 1009/Tanah Laut akan selalu mendukung, apabila diminta bantuan dari Rutan untuk kegiatan seperti hari ini, seperti yang kita laksanakan malam ini, operasi gabungan ini bermaksud mencegah hal yang tidak kita inginkan antara lain, adanya narapidana yang memiliki senjata tajam, serta peredaran narkoba di dalam rutan, maupun hal-hal lainnya yang mengarah ke  tindak pidana, sehingga situasi Rutan Kelas II B Pelaihari tetap aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan," pungkas Dandim. (Pendim 1009/Tla).