Gianyar - Dengan belum dicapainya target giat vaksin Massal Bagi para lansia di Desa Guwang yang baru mencapai 70%, dibandingkan dengan didesa lainnya sudah mencapai 90%, Muspika Sukawati dan Puskesmas Sukawati I, sepakat melaksanakan pelayanan vaksin terpusat di Desa Guwang, Pada Selasa 12/10/2021.

Sebagai tindakan awal pada hari Senin 11/10/2021 Muspika Sukawati dan Puskesmas Sukawati I mengadakan rapat koordinasi dengan perangkat Desa Guwang di ruang rapat Kantor Desa Guwang membahas pendataan dan himbauan edukasi kepada masyarakat terutama para lansia dan keluarganya agar mau melaksanakan giat vaksin demi mendukung program pemerintah dalam pencapaian target vaksin masyarakat sampai 100% .

Selanjutnya dibentuk tim gabungan TNI-Polri dan petugas dari Pukesmas Sukawati 1 serta Perangkat desa sampai ke Kepala Dusun dan Kader Posyandu, melakukan himbauan kepada para lansia dan keluarganya dengan mendatangi ke rumah-rumah warga secara door to door.

Kapolsek Sukawati yang diwakili Panit 1 Binmas Ipda I Nyoman Sadia mengatakan, "Dalam melaksanakan Edukasi memberikan pengertian dan keyakinan kepada para lansia bahwa vaksin itu aman, karena sebelum divaksin akan dilaksanakan screening kesehatan oleh petugas kesehatan, apakah kesehatanya memenuhi syarat untuk divaksin atau tidak, jika kesehatan memenuhi syarat, barulah dilanjutkan penyuntikan vaksin sebaliknya apabila kesehatan dinyatakan kurang, vaksin akan ditunda sampai kondisi fit kembali. Jelas Panit 1 Binmas.

" Tentang berita yang beredar bahwa sehabis vaksin akan menimbulkan efek samping yang membahayakan sampai pada kelumpuhan itu semua adalah hoax, jangan mendengarkan isu-isu yang kebenarannya tidak bisa di pertanggung jawabkan, sudah banyak yang tervaksin aman, sertifikat vaksin penting kita miliki untuk bisa bepergian ke tempat-tempat umum maupun Obyek Wiasata, tambah panit Binmas.

Danramil 1616-05 Sukawati Kapten Inf. I GEDE ASTAWA menambahkan, " Lansia perlu di lindungi dengan vaksin walaupun tidak keluar rumah namun rentan tertular oleh keluarga yang OTG karena aktivitas diluar rumah.

"Untuk itu menghimbau kepada masyarakat agar selalu taat prokes saat beraktivitas di dalam rumah maupun di luar rumah, karena walupun kita sudah divaksin tidak menutup kemungkinan bisa tertular dan menularkan ke pada orang terdekat kita untuk itu disiplin prokes ketat tetap dijalankan. Tutup Danramil.


Abimanyu