DENPASAR - Dalam menyambut semarak G20, Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Jalan Sehat secara serentak yang diikuti oleh Unit Pusat, Kantor Wilayah hingga Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia pada Jumat (21/10/2022).


Secara terpusat, Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Andap Budhi Revianto membuka kegiatan secara resmi yang menyampaikan bahwa kegiatan Jalan Sehat ini sebagai bentuk semangat dalam menyambut kegiatan KTT G20 pada tanggal 15-16 November mendatang yang akan diadakan di Bali.


"Indonesia sebagai salah satu negara di Asia yang tergabung dalam Presidensi G20, maka dari itu sebagai Warga Negara Indonesia kita harus bangga karena Indonesia berkesempatan menjadi Tuan Rumah pelaksanaan KTT G20 pada tahun ini", ungkap Andap.


Andap juga menyampaikan bahwa sebagai Tuan Rumah pelaksanaan KTT G20 ini juga bisa membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia mampu bertahan di tengah krisis ekonomi karena pelaksanaannya masih di tengah pandemi Covid-19.


Pada Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Jalan Sehat menempuh rute sejauh 3 km yang dimulai dari halaman Kanwil Kemenkumham Bali di Jalan Raya Puputan menuju Jalan Bung Karno, Jalan Cut Nyak Dien, Jalan Letjen S. Parman dan kembali menuju Jalan Raya Puputan hingga berakhir di Kanwil Kemenkumham Bali.


Kegiatan Jalan Sehat diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu, Para Pimpinan Tinggi Pratama, Para Kepala Unit Pelaksana Teknis, Pejabat Administrator hingga seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Bali yang secara serentak menggunakan atribut G20.


Sebelum memulai kegiatan, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali melepas peserta Jalan Sehat dan memberikan sambutan yang menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk dukungan Kanwil Kemenkumham Bali terhadap pelaksanaan KTT G20.


"Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Imigrasi ditunjuk sebagai salah satu panitia pada pelaksanaan KTT G20 khususnya Kantor Imigrasi Ngurah Rai sebagai garda terdepan dalam menyambut delegasi KTT G20", ungkap Anggiat.


Melalui tema “Jalan Sehat Kumham Semarak G20", diharapkan kegiatan ini menjadi bentuk semangat untuk bangkit dari Pandemi dan sebagai bentuk kebanggaan dalam menyambut pelaksanaan KTT G20.


"Tetap tertib selama di jalan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya", pesan Anggiat.


Kegiatan ditutup dengan hiburan dari band binaan Lapas Kerobokan dan Lapas Perempuan Kerobokan, serta pembagian doorprize.


Iskandar